Kebudayaan Asli Daerah Provinsi Banten

Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan seni bela diri nya. Seni bela diri yang ada di Provinsi Banten ini antara lain Pencak Silat, Debus, Rudad, Umbruk, Tari Saman, Tari Topeng, Tari Cokek, Dog-dog, Palingtung, dan Lojor. Selain seni bela diri Banten mempunyai peninggalan-peninggalan sejarahny antara lain berupa Masjid Agung Banten Lama, Makam Keramat Panjang, dan masih banyak lagi. DI Provinsi Banten terdapat satu suku masyarakat yang merupakan suku asli Banten yang masih terjaga tradisi anti modernisasinya baik dari segi berpakaian maupun pola hidup lainnya. Suku itu dinamakan yaitu suku Baduy. Perkampungan masyarakat Baduy pada umumnya terletak di daerah aliran sungai Ciujung di Pegunungan Kendeng.
Selain peninggalan sejarah dan suku masyarakat asli Provinsi Bnaten juga memiliki bahasa yang mempunyai cirri khas tersendiri. Bahasa yang digunakan pada umumnya merupakan bahasa Sunda Kuno yang menggunakan dialek yang berbeda dari provinsi provinsi lainnya. Dialek yang dimaksud tersebut memiliki beberapa kelompok bagian , yang pertama sabagai bahasa kasar dalam Bahasa Sunda modern, yang memiliki beberapa tingkatan dari tingkat halus sampai tingkatan yang kasar. Namun demikian di wilayah Banten selatan sepreti Lebak dan Pandeglang menggunakan bahasa sunda campuran Sunda kuno, Sunda Modern dan bahasa Indonesia, sedangkan di Serang dan Cilegon menggunakan bahasa Jawa Banten oleh etnik Jawa. Sedangkan dibagian Utara Kota Tanggerang Bahasa Indonesia dicampur dengan dialek betawi digunakan oleh pendatang beretnis Betawi.
Provinsi Banten juga mempunyai senjata tradisional yaitu GOLOK. Selain senjata Provinsi Banten juga memiliki rumah adat yaitu rumah Panggung. Rumah Panggung ini beratapkan daun atap dan lantainya pun dibuat dari pelupuh yaitu bambu yang dibelah-belah dan dindingnya itu sendiri terbuat dari bilik. Sedangkan untuk penyanggah rumah panggung biasanya digunakan dengan batu yang sedemikian rupa dibuat berbentuk balok yang ujungnya makin mengecil. Rumah panggung seperti ini masih banyak dapat ditemukan di wilayah suku Baduy yang dihuni oleh orang kanekes. Itulah sekilas tentang kebudayan-kebudayaan asli yang ada di wilayah Provinsi Banten.

Categories:

0 Responses "Kebudayaan Asli Daerah Provinsi Banten"

Posting Komentar